P5 Kearifan Lokal

P5 Makananku Budayaku

Makanan merupakan bagian dari sebuah kebudayaan, hampir semua daerah memiliki makanan khas masing-masing. Dewasa ini, makanan khas setiap daerah perlahan mulai ditinggalkan seiring perkembangan jaman. Banyak anak yang lebih mengenal makanan modern dibandingkan dengan makanan tradisional. Nilai historis dari makanan tradisional merupakan bagian dari kebudayaan yang tidak dapatdipisahkan dari tradisi masyarakat itu sendiri. Makanan merupakan salah satu simbol dari adat budayamasyarakat setempat dan memiliki tempat sebagai bagian dari bentuk tradisi yang dapat menyeimbangkanharmonisasi kehidupan masa lalu dan masa kini.

Salah satu produk budaya yang lambat laun mulai ditinggalkan oleh masyarakat adalah makanan tradisional. Pada tema “kearifan lokal” dengan mengacu pada dimensi Profil Pelajar Pancasila. Projek “Makananku, Budayaku” ini disusun dengan tujuan menguatkan profil pelajar pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada makanan tradisional.Projek ini dimulai dengan kegiatan mencari data terkait makanan kesukaan peserta didik. Peserta didik kemudian diajak untuk lebih mengenal makanan tradisional yang lebih menyehatkan dibandingkan makanan modern. Dalam prosesnya, peserta didik di kenalkan dengan makanan tradisonal setelah itu siswa dan siswi di minta untuk membuat makanan tersebut dengan membentuk kelompok yang beranggotakan 5 siswa siswi. Akhir dari kegiatan tersebut peserta didik di minta mempresentasikan makanan yang sudah di buat di depan bapak ibu guru.